top of page
  • Writer's pictureStail Ku

Manfaat Olahraga Bila Dilakukan Secara Rutin



Running (sumber: Cosmopolitan)


Olahraga menjadi cara untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Olahraga tidak hanya untuk orang yang ingin menurunkan berat badan saja. Tetapi olahraga juga mempunyai manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan. Olahraga baik dilakukan selama 30 menit setiap harinya. Tapi tetap saja, dosis olahraga harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing dan tidak boleh dipaksakan.


Selain untuk menurunkan berat badan, ini dia beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga.


1. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Olahraga secara rutin bisa mencegah terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jenis olahraga yang cocok untuk menjaga tekanan darah tinggi diantaranya ada bersepeda, jogging, berenang, jalan santai atau yoga.


2. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Olahraga menjadi saklah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovascular seperti penyakit jantung dan stroke. Olahraga rutin dilakukan setiap hari atau setidaknya minimal 3 kali setiap minggunya. Olahraga yang aman untuk penyakit jantung adalah jalan santai, yoga, berenang, atau jogging. Dengan berolahraga dapat memperkuat otot jantung, melancarkan aliran darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).


3. Mengurangi terjadinya osteoporosis

Beberapa riset menunjukan bahwa berolahraga secara rutin dapat mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang atau osteoporosis. Banyak cara olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya osteoporosis, olahraga yang dilakukan adalah weight-bearing, yaitu olahraga dengan gerakan melawan gravitasi dalam posisi berdiri tegak. Olahraga weight-bearing juga terdapat dua jenis yaitu yang pertama high-impact weight bearing seperti jogging, lari, lompat tali, naik tangga, tenis, hiking atau dansa. Yang kedua low-impact weight bearing seperti angkat beban, yoga, pilates, tai chi, atau jalan cepat. Selain itu perlu juga dilengkapi dengan asupan vitamin D dan kalsium untuk kesehatan tulang dan sendi tetap kuat.


4. Menjaga tetap sehat, kuat dan bugar

Olahraga tidak hanya baik untuk orang yang berusia muda saja, tetapi olahraga juga sangat baik untuk kesehatan para lansia. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan santai, senam, bersepeda, atau berenang. Olahraga untuk lansia dapat memperkuat otot, tulang dan sendi serta mencegah terjadinya pikun atau demensia.


5. Mengatasi stress

Selain untuk kesehatan tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Dengan rutin berolahraga, tingkat hormon stress seperti adrenalin, kortisol, dan norepinefrin dapat dikurangi. Sehingga olahraga bisa menigkatkan hormon dopamin dan serotonin yang bisa memperbaiki suasana hati yang membuat tubuh terasa lebih rileks dan bahagia. Olahraga yang bisa dilakukan seperti zumba, lari, atau berenang.


6. Membuat tidur nyenyak dan berkualitas

Olahraga secara rutin dan teratur bisa menjadi salah satu solusi yang tepat yang bisa membantu Anda tidur dengan nyenyak dan berkualitas.


7. Memperbaiki suasana hati

Olahraga dapat menghasilkan zat kimia pada otak seperti endorfin dan serotonin yang membuat suasana hati lebih baik dan bahagia. Jika anda merasa memiliki mood yang buruk, berhentilah dari pekerjaan anda sejenak dan gunakan istirahat itu untuk olahraga kecil seperti berjalan santai, senam, lari atau peregangan.


Jika Anda berusia di awal 20-an, disarankan berolahraga sekitar 150 menit perminggunya atau 30 menit setiap harinya. Jika tidak terbiasa berolahraga cobalah lakukan olahraga secara bertahap dari yang sederhana dan ringan seperti jalan santai atau naik-turun tangga. Jika tubuh mulai terbiasa, bisa ditingkatkan intensitas dan waktu olahraga sesuai kemampuan tubuh.

Jangan buat olahraga menjadi beban untuk diri sendiri apalagi jika sampai stress karena tak ada perubahan yang terjadi saat sesudah berolahraga, karena pada dasarnya olahraga sendiri untuk menyehatkan tubuh. Nikmati olahraga dengan santai dan menyenangkan, salah satunya yaitu berolahraga sambil mendengarkan lagu. Agar saat kita berolahraga tidak terlalu jenuh dan olahragapun menjadi semangat.


sumber:



Oleh:

Dinda Adrianty N

210104180114

17 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page