top of page
  • Writer's pictureStail Ku

Manfaat 4 Gerakan Yoga bagi Kesehatan

Updated: Apr 6, 2021

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang pamornya terus menanjak di mata publik dalam beberapa tahun ini. Tapi, tahu kah anda seperti apa gerakannya dan apa manfaat yoga untuk kesehatan?


YOGA
Image by. wix

Berikut Gerakan Yoga dan Manfaatnya bagi tubuh :



1. Sun Salutations (Surya Namaskar)

Sun Salutations (Surya Namaskar)
Image by. stylecraze.com

Ada beberapa gerakan pose yang berbeda dari Sun Salutations. Banyak orang yang menganggap bahwa gerakan yoga ini paling komplet. Selain membantu menurunkan berat badan, melatih kekuatan otot, detoks alami tubuh, pikiran rileks, juga dapat membantu pasien diabetes untuk menurunkan kadar gula darah.



2. Seated Forward Bend Pose (Paschimottanasana)

 Seated Forward Bend Pose (Paschimottanasana)
Image by verywellfit.com

Duduk sambil luruskan kaki ke depan. Tarik nafas lalu perlahan rentangkan tangan hingga menyentuh jari kaki. Benamkan kepala dan mencium lutut lalu ulangi ke posisi awal dan hembuskan nafas perlahan. Ulangi gerakan ini hingga 3-4 kali. Meningkatkan suplai darah di bagian punggung dengan meregangkan otot-otot punggung dan di bagian belakang kaki. Pose ini juga mengaktifkan fungsi pankreas dan ginjal untuk membantu menurunkan berat badan.



3. Cow Face Pose (Gomukhasana)

Cow Face Pose (Gomukhasana)
Image by styleoga.it

Duduk di lantai dan silangkan kaki kiri di bawah kaki kanan. Ambil napas lalu lakukan peregangan tangan. Buang nafas sambil istirahatkan lengan. Angkat tangan kanan ke atas dan tekuk. Pertemukan dengan tangan kiri di belakang punggung. Tahan satu menit. Ulangi gerakan ini pada kaki lain. Latihan ini meningkatkan fleksibilitas bagian bahu dan pinggul sekaligus memperkuat otot-otot dada dan punggung. Selain itu juga merangsang fungsi ginjal, kandung kemih, sistem pencernaan.



4. Seated Twist Pose (Ardha Matsyendrasana)

Seated Twist Pose (Ardha Matsyendrasana)
Image by. yogateket.com

Duduk di lantai (alas) lalu letakkan tangan kiri pada paha kanan. Lalu putar tubuh Anda perlahan. Tahan posisi ini selama 10 detik lalu buang napas. Lakukan bergantian pada sisi lain dan ulangi gerakan 5-8 kali. Selain sehat untuk hati dan ginjal, pose ini mampu mencegah nyeri punggung dan pinggul, merangsang fungsi pankreas dan meningkatkan

konsentrasi.


Rutin beryoga akan mengasah fokus mental Anda dan membuang racun keluar dari dalam tubuh. Setiap sebelum melakukan gerakan yoga, terlebih dahulu lakukan pemanasan agar otot tubuh tidak kaku dan mengurangi risiko cedera.


Penulis : ABDAN KHOLIS MUWAHID (135)


Sumber:






Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page