top of page
  • Writer's pictureStail Ku

3 Manfaat dan Kesalahan Mengonsumsi Oatmeal


Oatmeal (Sumber : Istockphoto/4nadia)


Meskipun rasanya tawar, rupanya oatmeal memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa orang biasanya mengonsumsi oatmeal untuk sarapan sebagai pengganti nasi. Sereal yang terbuat dari biji gandum ini terkenal di kalangan pejuang diet, hal tersebut dikarenakan oatmeal kaya akan serat dan rendah lemak sehingga dapat mencegah berat badan berlebih. Penyajiannya yang terbilang praktis juga tidak akan memakan waktu lama untuk menunggu matang.


Kalau kamu tidak terbiasa sarapan, kamu masih bisa kok menikmati oatmeal di waktu senggang entah itu ketika sedang menonton film atau makan malam. Toh, manfaat yang diberikan akan tetap sama. Selain mengurangi resiko berat badan berlebih, berikut 7 manfaat mengonsumsi oatmeal bagi kesehatan tubuh :


Manfaat Oatmeal


1. Membantu menurunkan kolesterol

Oatmeal mengandung serat beta-glucan yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di usus. Asam linoleat dan serat larut yang terkandung di dalamnya juga dipercaya dapat membantu mengurangi kadar trigliserida sehingga kesehatan kardiovaskular tetap terjaga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi serat setidaknya 6 gram atau setara ½ cangkir setiap hari. Dampaknya, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit seperti jantung dan stroke.


2. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Mengonsumsi oatmeal dapat membantu menstabilkan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu sekitar 55. Indeks glikemik adalah angka yang mengukur potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat. Bukan hanya itu, oatmeal juga kaya akan serat larut yang berfungsi untuk memperlambat penyerapan gula serta memperbaiki kadar gula darah.


3. Melancarkan pencernaan

Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) menjadi salah satu gejala pencernaan tidak lancar. Kalau kamu sedang mengalami masalah itu, cobalah untuk mengonsumsi oatmeal rutin setiap pagi. Kandungan serat di dalamnya mampu mengobati masalah pencernaan seperti sembelit atau radang usus. Dilansir dari laman Detik.com, pakar kesehatan merekomendasikan konsumsi serat harian sekitar 25 gram agar pencernaan lancar.


Selain serat yang banyak berkontribusi dalam menyehatkan tubuh, oatmeal juga ternyata mengandung lebih dari 50 nutrisi lain seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, magnesium, kalsium, mangan, folat, fosfor, kalium, dan zat besi. Banyak sekali, bukan? Tidak heran jika sereal satu ini digadang-gadang sebagai makanan sehat.


Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa makan oatmeal sembarangan demi mencapai kesehatan yang maksimal. Berikut beberapa kesalahan dalam mengonsumsi oatmeal yang justru akan menghambat manfaatnya :


Kesalahan makan Oatmeal


1. Porsi berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, salah satunya mengonsumsi oatmeal. Menurut seorang ahli gizi klinis dari Amerika Serikat bernama Jennifer Bowers Ph.D., R.D., konsumsilah oatmeal dalam mangkuk kecil sehingga kamu tidak akan terlalu banyak ketika menuangnya.


2. Topping tidak sehat

Oatmeal memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, namun jika dikombinasikan dengan topping yang tidak sehat maka manfaatnya tidak akan terasa. Misalnya, kamu menambahkan oatmeal dengan selai yang kadar gulanya tinggi. Untuk menyamarkan rasa tawar dari oatmeal, kamu masih bisa menggunakan topping yang sehat seperti buah pisang, stroberi, atau madu.


3. Oatmeal cepat saji

Beberapa orang memilih oatmeal instan untuk dikonsumsi karena lebih mudah dibuat, kamu tinggal menuangkan air panas tanpa harus merebusnya terlebih dulu. Percaya atau tidak, oatmeal cepat saji memiliki kadar gula yang lebih tinggi sehingga tubuh akan menyimpan cadangan lemak lebih banyak.


Itulah 3 manfaat dan kesalahan dalam mengonsumsi oatmeal bagi tubuh. Kalau kamu sudah memahami 6 point di atas, yuk mulai rutin konsumsi oatmeal dengan cara yang tepat!


Sumber :


Penulis : Diani Nur Fatimaisha (112)




コメント


Post: Blog2_Post
bottom of page