top of page
  • Writer's pictureStail Ku

Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan


Kolang-kaling adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Mendengar kata kolang-kaling pasti sudah membuat membayangkan bagaimana segarnya buah yang satu ini. Selain segar dan enak dimakan dengan sirup atau sebagai campuran kolak saat berbuka puasa, ternyata manfaat kolang-kaling juga baik untuk kesehatan. Apa saja sih kandungan zat dan vitamin dalam kolang kaling ? dan Apa saja manfaat kolang kaling?

Kolang-kaling ternyata mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya, di dalam 100 gram kolang-kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Kolang-kaling juga merupakan sumber vitamin B dan K serta mengandung banyak air yang baik bagi tubuh. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang-kaling bermanfaat bagi tubuh.

Selain kandung zat terdapat kolang kaling ada juga manfaat bagi kesehatan. Berikut Manfaat kolang kaling bagi kesehatan:


1. Baik Untuk Pencernaan



Cobalah berikan 5-10 buah kolang-kaling yang diberi sedikit larutan air gula. Agar lebih menggoda selera boleh tambahkan sedikit pewarna makanan. Manfaat buah kolang-kaling mengandung serat yang cukup tinggi, jadi sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

2. Memperkuat Tulang



Sebagian besar dari kita sangat mengkonsumsi susu karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi bagi tubuh, sehingga kandungan dalam susu bisa menjadi salah satu untuk masa pertumbuhan anak - anak.

Namun susu berisiko tinggi, karena mengandung kalori tinggi dalam mengkonsumsi secara berlebihan membuat tubuh menjadi kegemukan.

Ada pengganti susu untuk kebutuhan khasiat yang baik untuk tulang yaitu kolang kaling.

Karena dalam 100 gram kolang-kaling mengandung 91mg kalsium, sedangkan susu sapi dalam setiap 100 gram susu murni mengandung 125 mg kalsium.

Oleh karena itu manfaat buah kolang-kaling juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain susu. Namun keduanya sama-sama bagus khasiat yang diberikan untuk memperkuat tulang.

3. Makanan Diet


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bahwa dalam 100 gram buah-buahan dan kolang-kaling mengandung protein sebanyak 0,69 gram, karbohidrat total 4,0 gram, kadar abu 1 gram dan serat kasar 0,95 gram. Sedangkan untuk kandungan air pada buah-buahan kolang-kaling yang mencapai 94% dengan kadar air yang tinggi membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di dalam tubuh saat kita konsumsi.

Kemudian di dalam kolang kaling ini juga terkandung agar-agar yang mempunyai efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang, sehingga bila anda sedang dalam nafsu makan berlebih, maka jangan khawatir karena buah-buahan kesana kemari akan menghilangkan nafsu makan yang berlebihan tersebut.

Hal ini membuat kolang-kaling muda cocok dijadikan alternatif untuk makanan diet karena pasti akan memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.


4. Sebagai Sumber Serat


Manfaat buah kolang kaling lunak merupakan salah satu sumber serat yang sangat baik. Pasalnya, kolang - kaling mengandung serat banyak 14,03 persen. Seperti yang ada ketahui, asupan serat yang tinggi akan membantu pencernaan.

Dengan ini, manfaat kolang-kaling berpotensi mengurangi risiko kanker usus, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah kegemukan. Selain kadar serat tinggi, kolang-kaling muda juga mengandung pati sebanyak 74,58 persen.


5. Menenangkan Kulit Iritasi


Manfaat buah kolang-kaling lain yang mungkin belum diketahui banyak orang. Ternyata kolang kaling adalah mampu menenangkan kulit yang sedang iritasi.

Saat cuaca sedang panas terik, dan kulit membutuhkan krim untuk mendinginkannya, maka Anda bisa memilih kolang-kaling sebagai alternatif selain lidah buaya yang umum digunakan.

Anda cukup mengoleskan sebutir kolang-kaling ke kulit yang kemerahan atau gatal karena panas, dan tak perlu khawatir karena kolang-kaling aman bagi kulit sensitif.

Selain itu, minuman yang terbuat dari kolang-kaling juga aman untuk merawat radang kulit, baik bagi bayi baru lahir, anak-anak, maupun orang dewasa.


6. Membantu Mengobati Radang Sendi


Untuk Anda yang memiliki masalah dengan persendian pun bisa makan buah kolang-kaling. Pasalnya buah satu ini mengandung senyawa galaktomanan yang sering digunakan sebagai obat radang sendi.


7. Sumber Vitamin C


Kandungan Vitamin C pada kolang kaling
Vitamin C image by. Diana Polekina

Semakin tinggi tingkat kematangan buah yang mengandung vitamin C, biasanya akan semakin tinggi pula kandungan vitamin C di dalam buah tersebut. Ini juga berlaku untuk buah kolang-kaling.

Pada 100 gram kolang-kaling yang keras atau yang paling matang, kadar vitamin C yang terkandung mencapai hingga 162 mg. Vitamin C punya peran penting sebagai antioksidan dan membantu dalam meningkatkan kemampuan sel-sel sistem imun tubuh.

Manfaat buah kolang-kaling karena antioksidan yang merupakan senyawa yang mampu mengikat radikal bebas agar tidak melekat pada sel dan jaringan tubuh, yang kemudian menyebabkan kerusakan.

Dalam segi harga kolang kaling termasuk dalam harga buah yang sangat terjangkau karena 500 gram - 100 gram nya dapat harga 10 ribuan sampai 50 ribuan dalam berbagai kemasan produk kolang kaling . Kolang kaling pun sekarang bisa dibeli secara online dan offline juga loh! lumayan kan buat anda yang ingin berbuka puasa dengan kolang kaling khasiat dapat dan harga terjangkau lagi.


ABDAN KHOLIS MUWAHID (135)


Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page