top of page
  • Writer's pictureStail Ku

Buka Puasa, Jangan sampai Salah Kaprah saat Berbuka

Updated: Apr 21, 2021


Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim melaksanakan salah satu ibadah yang kita kenal dengan shaum/puasa. Selama berpuasa kita diharuskan menahan lapar dan haus dari waktu Shubuh hingga Maghrib yang lamanya sekitar lebih dari 12 jam. Oleh karena itu, banyak orang yang menantikan waktu berbuka puasa. Namun, tak sedikit dari kita yang berbuka puasa tetapi tidak memperhatikan batasan-batasan sehingga kesehatan kitalah yang jadi ancaman. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan saat berbuka puasa:


1. Hindari Makanan dan Minuman dengan Manis Berlebih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan mengkonsumsi sesuatu yang manis akan dapat memulihkan energi bagi tubuh. Bahkan Nabi Muhammad saw pun mencontohkan dengan 3 biji kurma. Namun, menu buka puasa yang ada saat ini justru memiliki kandungan gula yang berlebihan dari asupan gula harian. Hal ini memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan karena bisa memicu diabetes. Jadi sebaiknya tetap perhatikan kadar gula darah kamu!


2. Hindari Makanan Pedas

Buka Puasa dengan makanan yang pedas ternyata sangat tidak dianjurkan loh! Perut yang kosong saat berpuasa jika di isi dengan makanan pedas justru akan membuat lambung teriritasi bahkan bisa membuat kita diare. Jika sudah terlanjur makan makanan yang pedas bisa kamu netralisir dengan meminum air putih yan cukup.


3. Kurangi Makan Gorengan

Memakan gorengan memiliki kenikmatan tersendiri. Namun dibalik kenikmatannya, gorengan memiliki bahaya tersendiri jika kita sajikan sebagai hidangan berbuka puasa sehingga pakar kesehatan tidak menyarankan untuk kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Gorengan bisa menjadi penyebabnya naiknya asam lambung dan memicu gatal pada tenggorokan, bahkan bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan lainnya. Bahaya tadi bisa timbul dalam jangka waktu pendek maupun Panjang. Oleh karena itu, jika kita suka mengkonsumsi gorengan alangkah baiknya perlahan-lahan dikurangi demi menjaga kesehatan dan kelancaran ibadah puasa.


Bila selama ini dari kita masih melakukan kesalahan-kesalahan tadi, alangkah baiknya mulai dari sekarang kita ubah dengan mengkonsumsi menu buka puasa yang sehat. Banyak sekali hidangan-hidangan nan menyehatkan yang tentunya sangat cocok untuk disajikan saat berbuka dan pastinya bisa kita buat sendiri di rumah. Namun jika tidak memiliki waktu untuk membuatnya, kita bisa membeli takjil secara online. Banyak pilihan menu buka puasa yang bisa dipesan dan ada juga dalam bentuk paket dengan harga yang terjangkau. Bagaimana, mudahkan?


Penulis : Dicky Satria Wibawa (118)

18 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page