top of page
  • Writer's pictureStail Ku

Hal Hal Yang Perlu Dihindari Saat Kamu Berpuasa!



Bulan puasa adalah bulan yang penuh keberkahan. Segala aktivitas seseorang saat berpuasa selama bulan ini akan menjadi ibadah yang mendapatkan pahala kebaikan. Tetapi, terkadang masih banyak orang yang sering salah dalam memahami makna ibadah di bulan ini dengan Melakukan hal hal yang dilarang saat berpuasa.


Puasa Ramadan memberikan manfaat yang melimpah bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga mencegah darah tinggi. Namun tanpa disadari, adab berpuasa juga terkadang kita lupakan.


Berikut Stailku rangkum hal-hal yang berkaitan dengan puasa, maka dari itu hindari hal hal ini disaat berpuasa!


1. Tidur berlebihan di siang hari


Aktivitas di bulan Ramadan mungkin sedikit berubah. Tapi, bukan berarti kamu jadi berdoa sepanjang malam dan justru tidur sepanjang siang hari. Berpuasa bukan berarti mengubah aktivitas pagi ke malam hari. Tetaplah tidur tepat waktu saat berpuasa dan bangun satu atau dua jam sebelum adzan subuh. Tidurlah sekitar jam sembilan atau sepuluh malam agar kamu bisa bangun sekitar jam tiga pagi untuk menyiapkan makanan sahur dan salat malam.


2. Langsung Tidur Setelah Sahur


Rasa kantuk tak tertahankan usai sahur biasanya membuat orang akan langsung tidur setelah sahur dan salat subuh. Sayangnya, kebiasaan saat puasa ini dapat menyebabkan asam lambung Anda naik ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan munculnya masalah pada saluran cerna atas.

Selesai sahur, sebaiknya Anda jangan langsung tidur. Tunggulah 2-3 jam setelah makan agar makanan yang Anda konsumsi dapat dicerna tubuh dengan baik.


3. Membuang waktu untuk aktivitas yang kurang bermanfaat


Jangan sampai kamu menghabiskan waktumu selama berpuasa dengan bermain game terus-menerus, atau menonton tayangan televisi berjam-jam lamanya. Gunakan waktumu untuk aktivitas yang produktif, jika kamu tidak bekerja kamu bisa coba untuk mengerjakan tugas kuliah dan sekolah. Atau kamu bisa mencoba hal baru dengan bekerja paruh waktu, membaca buku dan membersihkan rumah. Apapun kegiatan positif yang bisa kamu lakukan akan lebih baik dibanding dengan bermain game atau menonton televisi.


4. Minum Teh Saat Berbuka


Kebiasaan buruk saat puasa ini rupanya dapat mengikat kalsium dan zat besi dalam tubuh kita. Kalsium dan zat besi dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Anda tetap dapat mengonsumsi teh, tetapi tunggulah sekitar 2-3 jam sebelum mengonsumsinya.


5. Sahur dengan Makanan Berlemak


Pastikan dalam menu sahur terdapat lima zat gizi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk lemak, porsi yang disarankan adalah 20-30 persen dari satu porsi makanan sahur.


Pilih menu karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara lambat tapi tahan lama, agar Anda pun merasa kenyang lebih lama. Menu yang bisa Anda pilih, misalnya nasi merah dan gandum. Selain itu, perbanyak porsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat.


Malas mengonsumsi buah dan sayur bisa menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah dan sayur dipercaya dapat meningkatkan sistem imun seseorang, sehingga membuatnya kuat terhadap penyakit terutama infeksi.


Maka Dari itu teman teman sebaiknya mongkonsumsi vitamin disaat kalian sahur, suapaya kalian tetap bisa menjaga imun tubuh disaat berpuasa!


Penulis : Shammil Fachrial S (129)


Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page