top of page
  • Writer's pictureStail Ku

Pola Hidup Sehat yang Mudah untuk Kamu Lakukan

Updated: Apr 7, 2021


Kesehatan merupakan investasi paling berharga dibanding yang lain. Para ahli pun menganjurkan kita untuk selalu senantiasa menjaga kesehatan. Banyak orang yang sudah tahu betapa alangkah pentingnya menerapkan gaya hidup yang sehat, tetapi masih banyak juga orang yang belum mencoba menerapkan pola seperti ini. Kali ini stailku akan membagikan kisi-kisi bagi kamu untuk mencoba pola hidup sehat. Berikut kisi-kisinya:


1. Makan dengan Teratur


Mulai sekarang kamu sebaiknya hindari yang namanya telat makan karena ini merupakan sebuah kebiasaan buruk. Dengan menerapkan pola makan yang teratur, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengancam sistem pencernaan. Tentu selain makan dengan teratur, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang sehat agar kebutuhan gizi harianmu dapat terpenuhi.


2. Minum Air Putih yang Cukup


Sudahkah kamu minum dengan cukup hari ini? Kamu dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2 liter (sekitar 8 gelas) dalam sehari, bukan berarti jika minum minuman selain air putih masuk hitungan. Sebaiknya kamu mengurangi minum minuman yang mengandung gula dan alkohol karena dapat memberi efek negatif untuk tubuh.


3. Tidur yang Cukup


Tidur yang kurang tentu memberi efek yang kurang baik bahkan bisa mempengaruhi produktivitas. Alangkah baiknya dari sekarang kamu mulai menerapkan pola tidur yang berkualitas. Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu untuk tidur sebanyak 7-9 jam lamanya. Dengan tidur yang cukup tentu bisa menjadi modal awal buat kamu untuk beraktifitas, tetapi jangan sampai berlebihan karena bisa menurunkan tingkat konsentrasi.


4. Olahraga Ringan


Demi menjaga kesehatan tentunya kamu harus sering bergerak dan salah satunya yang bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Jika kamu tipikal orang yang selalu sibuk pastinya akan kesulitan membagi porsi waktu untuk berolahraga. Tenang, kamu dapat melakukan beberapa jenis olahraga yang tidak memakan waktu dan bisa dilakukan dimana saja tentunya. Kamu bisa mulai berolahraga ringan melakukan push-up, sit-up, berlari-lari kecil, naik turun tangga, senam dan masih banyak lagi olahraga yang bisa kamu lakukan dalam waktu yang sempit.


5. Menjaga Kebersihan


Lingkungan yang kotor biasanya akan menjadi sumber penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan kamu. Minimal kamu bisa mulai dengan menjaga kebersihan dirumah. Hal-hal yang kamu harus lakukan seperti menyapu, mengelola sampah dengan benar, menutup tempat penampungan air dan masih banyak lagi. Dengan menjaga kebersihan otomatis kamu selangkah lebih maju untuk terhindar dari penyakit.


6. Menjaga Kesehatan Mental


Menjaga kesehatan mental tentu sama pentingnya karena mental yang tidak sehat akan mempengaruhi kesehatan fisik seseorang juga. Masalah-masalah seperti stress, depresi, dan masalah lain yang berkaitan Kesehatan mental bisa menganggu fokus, energi, bahkan berpeluang terkena serangan jantung. Oleh karena itu, jika kamu memiliki masalah bisa mulai bicarakan kepada keluarga, teman dekat, atau berkonsultasi pada ahlinya.


7. Tidak Merokok


Rokok merupakan benda yang memiliki banyak efek negatif. Sesuai dengan slogannya “Rokok Membunuhmu”. Dalam kemasannya saja sudah membuat kita tahu kalau rokok itu bukan sesuatu yang baik. Sebaiknya kamu menghindari rokok karena dengan merokok sama saja kamu sedang merusak paru-paru. Banyak yang sudah merasakan akibat dari mengkonsumsi rokok dan memang ujung-ujungnya malah penyakit yang didapat.


Dengan menerapkan pola seperti ini berarti kamu sudah melakukan investasi demi kesehatan diri yang lebih baik dimasa mendatang. Tak ada kata terlambat untuk kamu mulai melakukannya. Lebih baik dimulai dari sekarang karena kita tidak akan tahu penyakit apa yang akan datang esok.


Penulis : Dicky Satria Wibawa (118)

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page