top of page
  • Writer's pictureStail Ku

Jamu, Pahit Tapi Bermanfaat

Mendengar kata jamu mungkin sudah tidak asing lagi di telinga beberapa orang, yaitu minuman tradisional yang terbuat dari berbagai jenis tanaman herbal serta rempah-rempah. Meskipun rasanya dominan pahit, namun minuman ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Khasiat yang diberikan pun bermacam-macam tergantung pada jenis ramuan jamu yang kamu minum. Maka dari itu, yuk simak jenis-jenis jamu tradisional berikut ini :

Beras Kencur



Bagi kamu yang ingin menambah volume tubuh, cobalah minum jamu beras kencur sebagai penggemuk badan tradisional. Ramuan beras dan rimpang kencur ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya bisa membantu meredakan mual dan kembung akibat masuk angin.

Kunyit Asam



Beberapa wanita pasti pernah merasakan permasalahan haid yang tidak lancar. Jamu kunyit asam ternyata dapat membantu melancarkan haid, loh! Hal ini karena kunyit memiliki sifat yang sama dengan hormon estrogen. Vitamin C yang terkandung di dalam kunyit juga berfungsi membantu mencerahkan wajah.

Brotowali



Jamu brotowali terkenal dengan rasanya yang pahit. Meskipun tidak bersahabat dengan lidah, rupanya jamu satu ini dapat meminimalisir keluhan asam urat dan rematik. Kandungan alkaloid barberin dan columbina di dalamnya juga mampu membunuh bakteri, loh!

Kamu bisa menambahkan brotowali dengan jamu lain seperti beras kencur atau kunyit asam, cara ini dilakukan agar rasa yang dihasilkan tidak terlalu pahit. Rasa pahit sendiri didapat dari zat palmatin, kolulin, harsa, dan glikosida.

Galian Singset



Berbeda dengan beras kencur, jamu galian singset bermanfaat bagi kamu yang ingin diet. Jamu yang terbuat dari kencur, jahe, dan temu kunci ini dipercaya dapat membantu memproporsionalkan berat badanmu sekaligus mengatasi masalah keputihan. Untuk hasil yang maksimal, tambahkan daun jati belanda. Daun jati belanda memiliki kandungan flavonoid, steroid, dan tanin yang berfungsi sebagai antiobesitas.

Temulawak



Temulawak merupakan jamu yang biasa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala asam lambung. Hal ini karena jamu temulawak kaya akan antioksidan, terlebih lagi ada tambahan bahan lain seperti asam jawa, gula aren, daun pandan, jinten, dan daun jati. Jamu ini juga dapat menambah nafsu makan anak.

Gimana, udah tertarik buat minum jamu? Jangan risau! Meskipun rasanya pahit, namun akan terbayarkan oleh segudang manfaat yang dihasilkan jamu untuk menyehatkan tubuh.


Sumber :


Penulis : Diani Nur Fatimaisha (112)

7 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page