top of page
  • Writer's pictureStail Ku

Manfaat Mengonsumsi Smoothies Beserta Resep Lezatnya




Buah dan sayuran memiliki manfaat seperti sumber serat, vitamin, dan mineral. Seringkali kita temui buah dijadikan makanan penutup atau pengganjal saat kita sedang lapar. Dan biasanya buah disajikan dalam olahan jus saja. Namun tahukah Anda bila buah yang diolah sebagai jus pada dasarnya menghilangkan semua bahan berserat karena kita menggiling dan menyaring semua bahan sampai halus hingga menyisakan cairan saja. Sayuran pun biasanya dikonsumsi hanya sebagai pendamping makanan berat. Tetapi kini buah dan sayuran dapat diolah dengan cara lain, yaitu dengan olahan smoothie.


Jumlah nutrisi dan vitamin dari olahan jus buah dan sayur penyerapan nutrisinya lebih mudah. Jus yang disajikan biasanya mengandung lebih banyak gula. Olahan jus juga kurang berserat. Karena kandungan serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan, mengontrol gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.


Sedangkan buah dan sayuran yang diolah menjadi smoothie mengandung serat yang lebih banyak sehingga membuat perut terasa lebih kenyang dan memiliki kandungan antioksidan. Seorang ahli diet, Kimberly Gomer, MS, RD, LDN mengatakan jus dan smoothie sama-sama meningkatkan gula darah, namun efeknya lebih cepat pada olahan jus. Untuk olahan smoothie, sangat membantu meningkatkan volume minuman, yang bisa membuat Anda lebih kenyang dan membatasi konsumsi kalori yang didapatkan dari sumber makanan yang lainnya.


Dengan rutin mengonsumsi smoothie Kita bisa mendapatkan banyak manfaatnya, seperti:

1. Menurunkan Berat Badan

Dengan mengonsumsi smoothie secara rutin bisa menurunkan berat badan secara alami. Kandungan vitamin dan mineral pada smoothie mengandung lemak dan kalori yang rendah. Kandungan seratnya pun bisa membuat pencernaan manjadi lebih lancar.


2. Melengkapi Kebutuhan Cairan Tubuh.

Selain air mineral yang bisa melengkapi kebutuhan cairan tubuh, dengan menonsumsi smoothie juga bisa menjadi salah satu pelengkap kebutuhan cairan tubuh agar tubuh dalam keadaan terhidrasi.


3. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Smoothie yang dihasilkan dari sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi hijau dan sayuran lainnya mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahayanya radikal bebas.


4. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan E yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat membuat kulit tetap sehat. Sehingga smoothie yang merupakan minuman sehat kaya akan serat bisa mengeluarkan racun dalam tubuh.


Berikut adalah beberapa resep smoothie sehat nan lezat yang bisa kita konsumsi setiap hari.

1. Flat Tummy Green Smoothie

· ½ buah pisang

· ½ buah mangga

· 1 buah kiwi

· 1 cup bayam

· 2 tbs chia seeds


2. Healthy Pink Punch

· 1 cup coconut milk

· ½ buah mangga

· ½ buah raspberry

· ½ buah nanas

· 1 buah pisang


3. Chocolate Peanut Butter Banana

· 2 tbs bubuk coklat protein

· 1 buah pisang

· 2 tbs peanut butter/selai kacang

· 1 cup bayam

· 1 tbs dark coklat

· Segelas air/susu/yogurt


Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi smoothie untuk gaya hidup sehat di masa kini beserta resep lezatnya. Konsumsilah smoothie setiap hari agar manfaatnya lebih baik.



Penulis: Dinda Adrianty N (114)

18 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page